Senin, 14 November 2011

upacara bendera yang punya esensi

haiiiii!!! ketemu lagi sama pemilik blog ini :) kali ini gue bakal sedikit menyampaikan sesuatu yg menurut gue penting. yap penting! knp? karena ini menyangkut rasa nasionalis-me..
dari judulnya aja udah ketauan ya kan ya kalo gue mau ngomogin tentang upacara.
upacara! ya upacara. lebih tepatnya upacara bendera yg kita sebagai pelajar pasti rutin melaksanakannya di hari senin. mungkin lo pada bilang "ada apa dengan upacara?" atau "upacara adalah salah satu hal yang paling menyebalkan. karena kita kepanasan, pegel, capek.. blaa..blaa..blaa"

gue sendiri sih juga kadang, bukan kadang sih tp hampir setiap upacara gue ngerasain pegel, panas, bete, dan bawaannya mau ngobrol terus yg pada akhirnya nanti ketauan guru. terus diomelin. gitu kan ya??
well, gue bakal ngasih tau sesuatu tentang upacara, lebih tepatnya upacara yang punya esensi. ngga banyak sih, tp gue berharap ini bisa berguna buat kalian semua yg baca..
upacara itu kan termaksud bagian dari nasionalisme terutama upacara bendera yg setiap senin kita sebagai pelajar selalu melaksanakannya. gue jg sebenernya baru menyadari ini. nahh upacara itu bukan hanya upacara bendera aja, banyak.. cuman disini yg gue bahas adalah upacara bendera. knp? karena ada kesalahan dari pelaksanaan upacara bendera disekolah. ngga ada esensinya, ngga ada energinya. nah menurut sumber yg gue dapet, uapacara bendera itu punya  tujuan :
  • mendisiplinkan siswa dalam suatu kegiatan bersama. 
  • mengajak kita untuk berjiwa nasionalis. Berdiri dan menghormat kepada bendera sang saka merah putih dengan diiringi lagu Indonesia Raya. kalo lo  bisa disiplin , maka pada saat pengibaran bendera itu, hati lo akan bergetar sekaligus bangga karena sang merah putih berkibar dengan gagahnya..
  • mengajarkan pada kita untuk mengenang jasa para pahlawan, mendoakannya, dan menyanyikan lagu-lagu nasional yang membuat siswa/i tahu sejarah bangsa Indonesia dan menanamkan jiwa patriotisme di kalangan anak muda.
nah itu tujuan upacara bendera yg rutin dilaksanakan setiap hari senin. tp sayang seribu sayang, semakin kesini tujuan dari upacara itu semakin hilang. yg disampaikan oleh inspektur atau pembina cuman yg berkaitan tentang kegiatan sekolah. pernah si gue dengar kepala sekolah gue (pak Ardin) menyampaikan tentang sejarah bangsa ini, tp cuma basicnya aja.. dan itu juga disampaikan pas hari2 tertentu aja kaya hari kemerdekaan RI, sumpah pemuda, hari kesaktian pancasila doang. di hari2 biasa ngga pernah. palingan cuma "kalian tuh harus menghormati jasa2 para pahlawan kita. blaa.blaa...."

 kemarin senin, gue upacara bendera yg rutin. ehh bukan upacara sih tp apel.. terus pak Usman bilang gini "gimana kalian bisa berguna buat bangsa ini kalo sama panas aja kalian taku!" behhhhh menghentak bgt tuh kata2. terus ya setelah itu timbul di benak gue "apakan upacara itu termaksud bagian dari nasionalisme?" krn gue setiap upacara bendera pas lagi pengibaran bendera sering denger temen sebelah gue ngobrol. bukan hal yang aneh emang. tp jujur! gue ngga pernah ngobrol pas lagi pengibaran bendera. dan itu yg gue sayangkan. dan gue pun bertanya sama ka Aldi, kakak kelas gue.
ini dia message gue ke dia :

Dyah Nurlita Nh :Ka, upacara bendera termaksud bagian dari nasionalisme?
Aldi Rebel : itu pada dasarnya untuk mengingatkan kita tentang revolusi yang belum selesai....menampar setiap paginya bahwa perjuangan ini masih panjang...dan mencoba secara halus menyadarkan bangsa akan sejarahnya
Dyah Nurlita Nh : Lo pernah ngga pas lg upacara terutama pas lg amanat, lo ngobrol?
Aldi Rebel : setiap upacara di sekolah gue ngobrol(untuk upacara yang punya energi gue serius)... disana uda nggak punya lagi energi yang keluar...minim esensi, hanya sebagai rutinitas semata,,,tapi dari sisi positivnya bagus itu kalau tetap ada....dan obrolkanlah waktu upacara itu bagaimana bangsa ini kedepannya...

Dyah Nurlita Nh : Contohnya upacara yg punya energi?
Aldi Rebel : yang berisi, yang punya esensi....yang di dalamnya di jabarkan sejarah bangsa yang asli yang telah diglapkan dan terlupakan.

nah udah tau kan upacara yg berenergi, yg berisi, yg punya esensi gimana? dan sekarang lo rasain deh. apakah di sekolah lo udah ngelakuin upacara yg berisi, yg punya esensi? apakah lo udah merasakan upacara yg setiap amanatnya menjabarkan sejarah bangsa yg asli yg telah digelapkan dan dilupakan???
kalo gue sih ya "BELOM" 


semoga ini bisa bermanfaat buat kalian yg emang PEDULI pada bangsa ini, sebagai generasi pemuda tentunya. karena di tangan pemuda lah masa depan bengsa ini kedepannya. pemuda adalah tombak bangsa ini, pemuda rusak, rusaklah bangsa ini. 

seperti Bung Karno pernah bilang : "berikan aku 1 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia . (Bung Karno)" 

JAYALAH INDONESIA KU
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar